Desa Sekar Mengkuang Mengadakan Takbir Keliling Sambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H 2018

Friday, 15 June 2018 | 8:28 pm | 309 Views |

Muara Bungo- Dalam rangka menyambut Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H 2018. Remaja Masjid ( Remas ) dan Pemuda – Pemudi Gema Mengkara menggelar takbiran keliling Desa Sekar Mengkuang Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Kamis malam ( 14/6 ) kemarin. 

Takbir dikumandangkan pada malam hari untuk menyambut datangnya Idul Fitri. Takbir keliling sebagai bentuk suka cita dalam menyambut Lebaran. Takbir keliling biasa dilakukan dengan pawai di jalan yang diikuti oleh ratusan orang dewasa hingga anak-anak.

Mereka turut antusias mengikuti kegiatan yang hanya dilakukan dua kali dalam setahun tersebut. Dengan menggunakan pengeras suara, obor bedug, dan alat musik lainnya sebagai pelengkap. Bedug atau tabuh biasanya diletakkan di atas panggung atau mobil yang dihias dengan bermacam-macam lampu agar terlihat menarik dan unik sambil mengumandangkan kalimat Takbir,

Dalam acara takbiran keliling tersebut di lepaskan lansung oleh Datuk Rio Desa Sekar Mengkuang Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo Provinsi Jambi.

” untuk remaja masjid serta pemuda-Pemudi Gema Mengkara dalam rangka menyambut takbir keliling untuk berhati-hati di jalan,” pungkas Datuk Rio Desa Sekar Mengkuang. Safwan Idris. 

” Setiap menyambut hari raya idul fitri Remaja Masjid ( Remas ) dan Pemuda-Pemudi Gema Mengkara Desa Sekar Mengkuang selalu mengadakan pawai keliling dengan menggunakan obor dan lainnya, kami mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin selamat menyambut hari kemenangan untuk yang hadir dalam acara ini kurang lebih ratusan orang ,” ujarnya ketua Remaja Masjid Desa Sekar Mengkuang. M. Padli.

Dalam rangka pelepasan takbir keliling tersebut turut hadir Datuk Rio beserta jajarannya. BPD berserta jajarannya Kapolsek beserta jajarannya ketua remaja masjid beserta jajarannya ketua pemuda beserta jajarannya serta masyarakat turut hadir. ( Gus )

 

Related Post

Leave a Reply