IKK-KNG Gelar Acara Halal Bihalal Dan Silaturahmi 2019 Basamo Mangko Ka Jadi, Elok Untuk Basamo

Monday, 15 July 2019 | 12:17 am | 168 Views |

Jakarta, Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang IKK Se-Jabodetabek gelar halal bihalal , lebih kurang 300  orang yang hadir dari perantau yang ada di Jabodetabek Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok,  Tanggerang bahkan hadir juga dari Bandung di Jakarta,Minggu (14/7).

Acara kegiatan diawali dengan doa dan serta tari tarian , hiburan minang. Untuk kali mengambil tema,” Basamo Mangko Ka Jadi Elok Untuk Basamo.

Dalam acara ini turut hadir antara lain Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas,  Ketua KAN ( Kerapatan Adat Nagari) Patiah Baringek, Chairul Anwar Anggota DPR RI Dapil RIau 1, Iwan Amir Ketua IKK Koto Nan Gadang Periode 2009 sampai 2017. Ketua IkK Koto Nan Gadang Terpilih 2019 sampai sekarang yaitu Joni Hendri, serta para dunsana yang hadir, para perantau yang ada di Jabodetabek, dan Bandung.

Dalam sambutan Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan,”Angka kemiskinan agak berkurang , tinggal kurang lebih 5 %. Tentunya PR Pekerjaan rumah semakin banyak dan Akan melanjutkan pembangunan yang ada di Payakumbuh,  baik untuk dana APBD Kota, Pusat dan Provinsi dan tentunya dengan dukungan dari masyarakat terutama pembebasan lahan.

Lebih lanjut Riza menambahkan,”Silatuhrahmi IKK Koto Nan Gadang  ini harus terjaga dan bisa sinkronisasi dengan di kampung untuk menuju Payakumbuh lebih maju dan lebih baik lagi, tentunya ungkap Riza.

Di tempat yang sama Iwan Amir Ketua Ikatan Koto Nan Gadang  2009 sampai 2017, mengatakan, Alhamdulillah IKK sendiri tentunya sangat bagus sejak tahun 1975 sudah mulai aktif, dan di tahun  tahun 1978 ,

Iwan berharap ya dengan kepilihnya Joni Hendri sebagai Ketua Ikatan Koto Nan Gadang yang baru ini 2019 generasi muda yang tepat di pegang beliau cukup mengenal karakter Payakumbuh dengan itu dapat lebih baik tentunya, papar Iwan.

Di sela sela acara Halal Bihalal ini Ketua Ikatan Koto Nan Gadang Periode 2019 sampai sekarang,  yang terpilih Joni Hendri menjelaskan,” Urang Rantau yang ada di Jabodetabek sekarang ini ada 700 KK yang terdaftar, sekarang ini yang hadir 300 orang ya mungkin dengan kesibukan banyak juga yang tidak hadir.

Tujuan di gelar acara ini tentunya tahulah kalau Halal bihalal merupakan ajang silatuhrahmi dengan urang minang perantau yang ada di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tanggerang, Depok, serta ada juga dari Bandung. Dengan kesibukan urang rantau ini tentunya ajang silatuhrahmi merupakan yang paling tepat berkumpul setelah menunaikan puasa dan lebaran.

Joni menambahkan,”Tujuan selanjutnya yaitu urang rantau yang ada di jakarta dan Jabodetabek bisa lebih baik lagi terutama di bidang pendidikan, terutama di sisi perekonomian.

Untuk kedepannya tentu program nya sekarang ini adalah misalnya kita akan menggelar pelatihan-pelatihan atau dia seorang entrepreneur suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

Sekarang ini pelatihan digital marketing, semua orang punya Gadget (HP), semua orang punya akun Facebook semua orang punya akun social media, akan tetapi mereka hanya menggunakan untuk pribadi. Pada hal sekarang ini bisnis online banyak menjamur dan akan mendapatkan uang. Itulah yang kita akan bina kedepannya peluang harus di gunakan dengan baik. Untuk urang rantau yang ada di Jabodetabek papar Joni.

Harapan kedepan dengan silatuhrami mari kita jaga hubungan baik sesama urang rantau tentunya.

Di akhir acara di gelar permainan musik berhadiah barang atau dikenal dengan KIM dengan memenangkan hadiah utama Sepeda, hadiah kedua Ban Motor, Kipas Angin dan masih banyak lagi hadiah buat urang rantau yang hadir.

Safrizal salah seorang anggota IKK Koto Nan Gadang dan sekaligus bagian dari panitia berharap saudara Joni Hendri dapat menampung juga keluhan para perantau dalam segala hal, karena sebagai ketua kepilih tentunya harus juga menampung  apapun dari anggotanya, baik itu masukan yang positif , dan halal bihalal ini bukan hanya ajang saling silatuhrahmi tetapi hendaknya program-program beliau bisa bermanfaat buat anggota IKK Koto Nan Gadang kedepannya, pungkas Safrizal  (UH)

Related Post

Leave a Reply