JSO dan JOS Bersatu Akan Gelar Musik Konser Akbar Monas 2019

Wednesday, 4 September 2019 | 4:08 pm | 76 Views |

Seni merupakan bagian terpenting dari sebuah kebudayaan. Seberapa jauh suatu masyarakat menghargai seni, setinggi itu jugalah budaya dan martabat dari masyarakat tersebut.

Demi mendorong tumbuh kembangnya kebudayaan, banyak negara secara intens mengadakan pendidikan seni, khususnya seni musik, di ruang terbuka.

Bentuk nyatanya dengan mengadakan konser atau festival musik di alun-alun kota, taman kota, dan tempat-tempat terbuka lainnya. Misalnya seperti pagelaran musik klasik di kota New York yang bertempat di Central Park, kota Los Angeles yang menggunakan Hollywood, masyarakat kota Berlin yang menggunakan Gendarmenmarkt dan Waldbühne, atau Singapura di Singapore Botanic Gardens.

Banyak kota penting di dunia setiap tahunnya mengadakan konser di tempat umum, yang sifatnya terbuka, dan tidak jarang, gratis. Konser-konser seperti ini biasanya dihadiri oleh ribuan hingga puluhan ribu orang.

Tujuan dari diadakannya konser seperti ini di ruang terbuka adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat awam, terutama khalayak ramai, yang belum terbiasa dengan seni murni, khususnya musik klasik, bersentuhan dengan seni tersebut.

Pada tahun ini, Jakarta Simfonia Orchestra (JSO) dan Jakarta Oratorio Society (JOS) akan mengadakan konser semacam demikian di Jakarta, bertempat di lapangan Monas. Pagelaran seni musik ini merupakan konser musik klasik yang pertama kali dilakukan di area terbuka di Indonesia, secara khusus di ibukota Jakarta.

Melalui konser ini, bangsa kita sekali lagi membuktikan bahwa Indonesia merupakan bagian dari masyarakat dunia. Kota Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan juga nantinya akan menjadi saksi, bahwa ibukota Negara kita memiliki posisi yang sejajar, bertaraf internasional, dan pantas bersanding dengan kotakota internasional lainnya di dunia.

Kiranya melalui Konser Akbar Monas 2019, yang akan diselenggarakan pada 8 September 2019 nanti, Jakarta sekali lagi boleh menjadi perwakilan Indonesia di pentas dunia, yang menunjukkan bahwa keragaman kita memiliki kekuatannya ketika bersatu! Bhinneka Tunggal Ika ujar Ketua Panitia Konser Akbar Monas 2019 Timothy Siddik, saat Jumpa Pers di Mal Grand Indonesia, Rabu ,(4/9) yang di dampingin juga oleh beberapa personil konser antara lain Eunice Tong : Chorus Master Jakarta Oratorio Society (JOS), Rebecca Tong : Resident Conductor Jakarta Simfonia Orkestra (JSO), Pemain musik : Marini Widyasari (Flute), Eric Awuy (Trumpet), I Nyoman Trieswara Minartha (Perkusi), Ari Moeladi (Piano-Double Bass).

“Kita berharap JSO melalui Konser Akbar Monas 2019 ini mampu membawa musik bermutu bagi rakyat Indonesia dan musik yang mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Jadikan kota Jakarta, kebanggaan Indonesia, bagian dari kota-kota metropolitan bertaraf internasional!” demikian tutur Dr. Stephen Tong.

Selain sebagai sarana pendidikan seni, musik juga merupakan bahasa universal yang tidak membedakan suku, ras, agama, ataupun perbedaan lainnya. JSO sendiri mengusung kesatuan ini dengan harmonis, di mana anggota-anggotanya terwakilkan dari segala kalangan sosial, suku, dan agama. Melalui konser musik ini,

semangat Bhinneka Tunggal Ika akan terekspresikan secara nyata di mata dunia, bahwa bangsa Indonesia itu beragam, namun tetap, dan akan selalu, SATU. Akhir kata, mari kita sukseskan Konser Akbar Monas 2019 “Jakarta Bersorak!!”, kita tunjukkan kepada dunia bahwa budaya, martabat, dan kesatuan bangsa Indonesia akan terus kokoh!

Related Post

Leave a Reply