Ketum IPI Apresiasi Disahkannya RUU Pesantrean Jadi UU

Thursday, 26 September 2019 | 7:57 am | 62 Views |

Jakarta,  Sidang Paripurna DPR RI, Selasa 24 September 2019 yang beberapa hari lalu, DPR RI yang telah mengsahkan RUU Pesantrean menjadi Undang-Undang(UU).  Langkah DPR untuk mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Pesantren menjadi undang-undang (UU) mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI), KH Zaini Ahmad. .

Dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (25/9/2019).Zaini Ahmad menjelaskan”Kita mengapresiasi lahirnya UU tentang Pesantren ini, kita harapkan UU ini mampu memajukan pesantren, tidak lagi ada diskriminasi di dunia pendidikan pesantren yang sudah jelas memberi kontribusi nyata bagi bangsa dan negara kita,” ungkap Zaini Ahmad.

Zaini Ahmad  yang akrab disapa Gus Zaini itu juga mengungkapkan jika pesantren memiliki saham besar dalam kemerdekaan bangsa ini, sehingga sudah seharusnya UU tersebut lahir untuk melestarikan budaya Indonesia melalui pesantren.

Lahirnya UU tentang Pesantren itu, menurut Gus Zaini, tentu memberikan dampak pada pengakuan negara terhadap keberadaan pesantren di Indonesia. “UU Pesantren menegaskan keberadaan pesantren sebagai lembaga mandiri dengan ciri khas menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan,” ucapnya.

“Pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, melainkan juga sebagai lembaga dakwah dan pemberdayaan masyarakat, kita doakan agar UU ini memberi manfaat bagi pesantren,” pungkas  Zaini.(Foto : Istimewa/dbs)

Related Post

Leave a Reply